Rabu, 22 April 2009

PERINGATAN HARI BUMI

KOMUNITAS PEDULI LINGKUNGAN JEMBER GELAR KARNAVAL HARI BUMI

Jember, 22/4 (ANTARA) - Ratusan mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Jember menggelar karnaval Hari Bumi, Rabu sore, di double way Unej.
Mereka membawa miniatur globe dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember menuju ke double way Unej dengan menggunakan pakaian hitam-hitam sebagai simbol berkabung di Hari Bumi karena semakin luas kerusakan lingkungan di Jember.
Juru bicara KPL Jember, Hermin, menuturkan, mahasiswa prihatin dengan maraknya kerusakan lingkungan yang menyebabkan bencana di beberapa daerah.
"Bumi kita semakin rusak sehingga tidak ada lagi tempat untuk menghirup udara bersih," kata Hermin.
Selama ini, kata dia, peringatan Hari Bumi selalu dilakukan setiap tanggal 22 April, namun tidak ada tindakan yang bijaksana dari pemerintah untuk memperbaiki lingkungan.
"KPL hanya mengimbau agar semua orang bertanggungjawab dan peduli dengan lingkungan dengan cara yang paling sederhana, membuang sampah pada tempatnya," katanya menerangkan.
Sementara itu Komunitas Arisan Seni juga melakukan aksi teatrikal dalam rangka memperingati Hari Bumi dan bergabung dengan KLP di double way Unej.
Beberapa aktivis Arisan Seni melakukan aksi teatrikal dengan membawa miniatur gunung dan pohon yang alamnya sudah rusak akibat ulah manusia sehingga berdampak pada bencana.
Juru bicara Arisan Seni, Syamsul mengaku prihatin dengan kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia, khususnya di Jember.
"Jika kerusakan dibiarkan maka anak cucu kita tidak bisa menikmati alam yang indah," katanya menegaskan.
Beberapa aktivis yang menggunakan pakaian dari dedaunan, kata dia, mengelilingi aksi teatrikal untuk menyejukkan alam yang sudah rusak.
"Saat ini bumi sedang menangis karena alam semakin rusak akibat ulah manusia," katanya.
Aksi teatrikal itu juga di iringi dengan musik dan pembacaan puisi tentang alam oleh sejumlah aktivis peduli lingkungan. (Zumrotun Solicha)

Tidak ada komentar: